Pentas Seni Jaranan dan Bazar UMKM, Penutupan KKN-PAR UNU Blitar di Desa Bumiayu Berlangsung Meriah - LPM BHANU TIRTA

Monday 12 February 2024

Pentas Seni Jaranan dan Bazar UMKM, Penutupan KKN-PAR UNU Blitar di Desa Bumiayu Berlangsung Meriah

Tampilan seni Barong pada puncak acara penutupan KKN PAR UNU Blitar kelompok 3 & 4 (Foto: dokprib KKN Bumiayu)

Dalam rangka Closing Ceremony KKN-PAR UNU Blitar Desa Bumiayu, kelompok 3 dan 4 adakan pentas seni dan bazar UMKM di Lapangan Kaniman, Dusun Bumiayu, Kabupaten Blitar pada Rabu, (07/02/2024).

Acara diawali oleh penampilan anak-anak di sekitaran desa Bumiayu dengan membawakan beberapa tarian seperti tari surate, tari manuk dadali, dan jaranan lengkap bersama kostumnya. 

Agenda tersebut merupakan acara perpisahan mahasiswa KKN-PAR UNU Blitar Desa Bumiayu setelah 40 hari mengabdi di sana. Acara juga dihadiri oleh tamu-tamu undangan yang duduk rapi di samping kiri panggung menyaksikan pertunjukan yang tengah disuguhkan.

Khususnya kepala desa serta perangkat desa Bumiayu, tokoh agama dan tokoh masyarakat desa Bumiayu, serta beberapa dosen UNU Blitar yang menjadi saksi berlangsungnya acara tersebut.

Muhammad Ahsin, ketua kelompok 4 mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada seluruh lapisan masyarakat Desa Bumiayu yang telah menerima, mendidik dan membimbing untuk belajar terjun langsung ke tengah-tengah masyarakat menjalankan program KKN.

“Banyak sekali ilmu yang kami dapatkan selama mengabdi di sini dan mudah-mudahan bermanfaat untuk kedepannya, terimakasih kepada semua warga Desa Bumiayu yeng telah mendukung serta membantu kelancaran kegiatan kami selama mengabdi di Bumiayu.” tuturnya.

Meskipun acara ini berlangsung sampai larut malam dan di awal acara sempat diguyur hujan, tetap tidak menyurutkan animo masyarakat.

"Hal ini sudah sesuai dengan harapan, mengingat dua minggu lamanya persiapan acara, termasuk melatih gerakan tari pada beberapa anak TK dan SD di Bumiayu supaya nantinya bisa maksimal ketika tampil di atas panggung." lanjut Ahsin. 

Tidak hanya penampilan tari anak-anak, beberapa mahasiswa KKN juga turut andil dalam tari jaranan membaur bersama tim kesenian jaranan masyarakat desa Bumiayu, Suro Melati. 

Kelompok 3 & 4 KKN PAR UNU Blitar bersama pemain seni tari jaranan di Lapangan Kaniman, Dusun Bumiayu, Kab. Blitar (Foto: dokprib KKN Bumiayu).

Pada puncak acara ditampilkan alur dari tari jaranan yang dimulai dari Jaran Pegon, Barong, dan diakhiri dengan jaranan Blitaran Kreasi Nusantara.

Di sisi lain berderet rapi pelaku UMKM yang tengah menyuguhkan usaha dagangnya untuk dipamerkan saat bazar kepada para pengunjung. Kemudian pemuda karang taruna, serta berbagai golongan masyarakat juga turut andil dalam kemeriahan acara tersebut.

Agus Wiyono, kepala desa Bumiayu mengucapkan banyak-banyak terimakasih kepada mahasiswa KKN UNU yang telah datang di desa Bumiayu selama 40 hari. 

"Sangat luar biasa dalam menyalurkan ilmunya dalam berbagai macam prodi. Sehingga masyarakat Bumiayu bisa lebih punya wawawasan terkait umkm, seni, pendidikan, pertanian atau bidang apapun, sehingga harapannya kedepan bisa lebih baik lagi,” ucapnya.

Agus Wiyono juga berharap semoga setelah KKN di desa Bumiayu, mahasiswa kelompok 3 dan 4 diberikan kelancaran dalam melanjutkan studi, "Semoga kelak juga menjadi anak-anak yang bisa dibanggakan orangtua, bangsa, negara, dan agama" tutup Agus.

Reporter : Umi Kholifatin

Editor : M. Khamdan Yuwafi


Comments


EmoticonEmoticon