PKKMB 2023 UNU Blitar Beda dari Tahun Lalu - LPM BHANU TIRTA

Monday 4 September 2023

PKKMB 2023 UNU Blitar Beda dari Tahun Lalu

 
Pengukuhan Camaba di Aula Graha NU (Sc. Sie Dokumentasi). 

Persma Bhanu Tirta - Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar adakan agenda rutin setiap tahun, (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2023 di Graha NU (1-3, September 2023)

Muh. Miswan Hariri, ketua panitia mengatakan, PKKMB itu adalah agenda tahunan, dan adanya PKKMB itu sudah di tentukan oleh Kemendikbud. 

"Agenda ini tentunya tidak bisa ditinggalkan lah bahasanya." jelas Hariri.

"PKKMB itu sendiri setiap kampus juga pasti mengadakan, cuman yang membedakan setiap kampus itu biasanya adalah harinya" lanjutnya.

Secara garis besar, tujuan PKKMB ini adalah untuk mengenalkan lingkungan kampus. Yang tentunya lingkungan kampus dan lingkungan SMA itu berbeda.

"Kan dulunya mahasiswa baru itu berasal dari SMA ya. Jadi cara berpikirnya harus lebih dewasa, sikapnya juga harus lebih dewasa." ungkap Hariri.

Proses perencanaan dan persiapan PKKMB tahun ini sangat berbeda dari tahun sebelumnya, terutama mengingat kondisi tempat yang berubah seperti yang kemarin di laksanakan di Yonif 511 dan sekarang di Graha NU.

Diskusi Camaba membuat yel-yel di Aula Graha NU. (Sc. Sie Dokumentasi). 

"Kalau kemarin, kenapa memutuskan PKKMB di 511? Secara detailnya saya tidak tahu. Tapi, gambaran awalnya itu kesiapan mental mahasiswa baru itu agar lebih siap untuk menghadapi kehidupan-kehidupan sosial di masyarakat." jelas Dosen lulusan S2 Universitas Dr. Soetomo itu.

Untuk PKKMB tahun ini, sebenarnya rencananya juga akan di adakan di Yonif 511. Tapi kendalanya ada Satgas yang akan datang. 

"Jadi Satgas yang di 511 itu saya tanya ada sekitar 400-500 an yang akan di kirim ke papua. Ternyata pas di tanggal PKKMB-nya UNU itu sama, jadi tidak bisa. Dan akhirnya memutuskan PKKMB di Graha NU Minggirsari ini" jelas Miswan.

Tentunya kegiatan PKKMB di Minggirsari ada kegiatan yang cukup unik, dan menjadi cirikhas dari UNU Blitar. Yaitu secara garis besar adalah Fun Game-nya, hal ini juga bisa untuk melatih kekompakan, membuat dari yang awalnya belum kenal menjadi kenal.

Tak hanya itu saja, UNU Blitar juga mendatangkan pemateri atau narasumber dari Yonif 511. Hal ini juga menjadi salah satu keunikan.

"Temen-temen dari mahasiswa baru yang mungkin belum tahu apa itu kedisiplinan, bisa jadi tahu. Uniknya seperti itulah" pungkas Miswan. 

Acara PKKMB tahun ini cukup terbilang sukses, tidak ada hambatan. Acara berjalan lancar dan sesuai yang direncanakan. Hal ini di ungkapkan oleh Fernadiksa, Panitia Dosen Pendamping Mahasiswa. 

"Kuncinya adalah kekompakan dan saling bekerjasama antar setiap tim." ungkap Fernadiksa. 

"Selamat bergabung menjadi mahasiswa UNU Blitar. Semoga betah dan sukses dalam meraih pendidikan di UNU Blitar." pesannya. 

Untuk PKKMB tahun depan, PKKMB yang akan datang, pihak panitia belum ada rencana atau inovasi. Tapi mereka berharap kedepannya lebih baik daripada tahun ini. 

"Masih belum ada rencana untuk kedepannya, yang terpenting harapan kita lebih baik dari tahun ini." pungkas Panitia Dosen Pendamping Mahasiswa itu. 

Reporter : Ahmad Chusnaini

Editor : M. Khamdan Yuwafi



Comments


EmoticonEmoticon